SEMIOTIKA DAN SMARTPHONE VIVO

 

APA SIH SEMIOTIKA ITU ?

Semiotika adalah sebuah disiplin ilmu dan metode analisis yang dapat mengkaji tanda-tanda yang terdapat pada suatu objek untuk diketahui makna yang terkandung dalam objek tersebut.

Semiotika berasal dari bahasa Yunani “Semeion”, yang berarti tanda. Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tanda (sign). Dalam pandangan Zoest, segala sesuatu yang dapat diamati atau dibuat teramati dapat disebut tanda. Dan tanda tidak terbatas pada benda,Kata semiotika diturunkan dari bahasa Inggris, yaitu semiotics. Nama lain semiotika adalah semiology.

contoh semiotika dalam kehidupan saya adalah : 


Yaaaa..... Semiotika dalam kehidupan saya adalah smartphone vivo!!!

smartphone saya yang sudah ada sejak saya smk kelas 2 itupun masih bertahan sampai sekarang 
walaupun sudah jatuh dan kecebur kedalam got berkali-kali tetapi hanya ada tanda  bekas lecet-lecet di backdoor smartphone saya saja tidak dengan layarnya. Maka dari itu saya sangat berterima kasih dengan smartphone saya yang telah menemani keseharian saya berkomunikasi dan belajar dengan menggunakan smartphone. Sebab di zaman modern ini smartphone sangat dibutuhkan untuk pembelajaran jarak jauh (daring) atau komunikasi jarak jauh jadi 

Dalam semiotika yang dipopulerkan oleh Charles Pierce dijelaskan bahwa teori segitiga makna atau meaning triangle theory , terdiri dari tiga elemen utama, yakni tanda (sign), object, dan interpretant. Tanda menurut Peirce terdiri dari Simbol (kesepakatan), Ikon (perwakilan fisik) dan Indeks (hubungan sebab-akibat). Objek atau acuan tanda adalah konteks sosial yang menjadi referensi dari tanda atau sesuatu yang dirujuk dari tanda tersebut. Interpretant atau pengguna tanda adalah konsep pemikiran dari orang yang menggunakan tanda dan menurunkannya ke suatu makna tertentu atau makna yang ada dalam benak seseorang tentang objek yang dirujuk sebuah tanda.

Dari konsep diatas Dapat disimpulkan bahwa dalam konsep semiotika yang saya buat. Jika mengacu pada konsep diatas, simbol dari objek yang saya bahas adalah smartphone vivo, sebagai nama atau merek dari smartphone tersebut. Selanjutnya untuk objek, disesuaikan dengan nama bendanya yaitu smartphone. Dan terakhir, dalam elemen tafsiran, merupakan fungsi dari benda tersebut yang bisa berupa alat komunikasi berupa teks atau komunikasi via suara (baik itu telepon atau video call), ataupun untuk mencari informasi

Smartphone vivo saya adalah contoh semiotika dalam kehidupan sehari – hari. Pada element sign (tanda) kita isi dengan kata atau nama objeknya yaitu “Vivo”. Selanjutnya pada element object (objek) kita isi dengan objeknya sendiri yaitu smartphone atau Telepon genggam. Berikutnya pada element interpretant (tafsiran) kita isi dengan tafsiran yang biasanya berupa fungsi dari benda tersebut yaitu sebagai alat komunikasi.

Ya jadi begitulah cerita singkat kehidupan smartphone vivo saya dari saya masih smk kelas 2 hingga kini. cukup sekian yang bisa saya sampaikan saya m.maulana alhafiz saya ucapkan terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MITOS DAN PENGALAMAN ESTETIS DARI LAGU KOTA - DERE

JURNAL PENGARUH KEYBOARD MECHANICAL TERHADAP PRODUKTIVITAS DALAM BEKERJA DENGAN PERSONAL COMPUTER

Mitos Maxfit61?